TUGAS JURNAL R3J Muhammad Rafli Wahyudi 0020

 

Muhammad Rafli Wahyudi (© 2024)

ANALISIS ELEMEN VISUAL PADA POSTER MEDIA SOSIAL VINDES DALAM MERAIH ENGAGEMENT AUIDENS

Muhammad Rafli Wahyudi

 1Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Bahasa,Universitas Indraprasta

Muhammad Rafli Wahyudi, mrafli2808@gmail.com , Jakarta, dan Indonesia

Muhammad Rafli Wahyudi, , Jakarta, dan Indonesia

Abstrak.

Dari berbagai jenis platform media sosial yang ada, Instagram merupakan salah satu media sosial yang memiliki banyak pengguna. Dilansir dari DataReportal, total pengguna Instagram di Indonesia mencapai 99,15 juta orang atau setara 35,7% dari total populasi. Dengan banyaknya pengguna di Instagram dan cepatnya proses penyampaian informasi melalui internet dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai pemasaran sebuah merek, produk, atau jasa. Bukan hanya itu, media sosial Instagram juga dimanfaatkan oleh para seniman, konten kreator, dan sastrawan sebagai media untuk berinteraksi, berekspresi, dan membagikan karya-karyanya. 

Poster diatas merupakan poster pertandingan olahraga bulutangkis dengan judul acara “Tepuk Bulu’23” yang mempertandingkan artis Indonesia yaitu Duta Modjo dan Vincent Rompies melawan artis Malaysia yaitu Fazley Yaakob dan Imran Aqil. Penulis akan membahas mengenai elemen yang digunakan dan mampu menarik banyak minat penonton terutama penonton Gen-Z dan banyak. Desain konten visual poster instagram VINDES “Tepok Bulu’23”sudah menerapkan komunikasi visual yang sangat baik. penggunakan warna yang unik, tata letak font yang cukup menarik visualisi yang menarik perhatian sudah sangat tepat.

Kata kunci: sosial media, instagram,vindes

Abstract. 

Of the various types of social media platforms available, Instagram is one of the social media that has many users. According to DataReportal, the total number of Instagram users in Indonesia reached 99.15 million people or equivalent to 35.7% of the total population. With the large number of users on Instagram and the fast process of delivering information via the internet, it can be utilized by the community as marketing a brand, product, or service. Not only that, Instagram social media is also utilized by artists, content creators, and writers as a medium to interact, express, and share their works. 

The poster above is a badminton sports match poster with the event title "Tepuk Bulu'23" which competes Indonesian artists, Duta Modjo and Vincent Rompies against Malaysian artists, Fazley Yaakob and Imran Aqil. The author will discuss the elements used and able to attract a lot of interest from the audience, especially the Gen-Z audience and many. The visual content design of the VINDES "Tepok Bulu'23" Instagram poster has implemented excellent visual communication. the use of unique colors, font layouts that are quite interesting, attention-grabbing visuals are very appropriate.

Keywords: Social Media, Instagram, vindes

  1. Pendahuluan

Media sosial merupakan salah satu wujud bukti dari perkembangan teknologi internet yang sedang tumbuh pesat saat ini. Media sosial adalah media yang digunakan oleh individu untuk bersosialisasi, atau menjadi sosial secara daring dengan cara berbagi isi, berita, foto dan lain-lain dengan orang lain (Taprial & Kanwar, 2012).

Platform digital ini dijadikan sebagai wadah untuk berkomunikasi, berbagi, berekspresi, dan membuat berbagai konten tanpa terbatas oleh ruang dan waktu. Di Indonesia sendiri, penggunaan media sosial telah berkembang sangat pesat dan mengalami perkembangan setiap tahunnya. Dikutip dari situs Hootsuite (We are Social), pada tahun 2021 ada sebanyak 170 juta pengguna media sosial di Indonesia atau setara dengan 61,8% dari total populasi penduduk Indonesia. Dan jumlah pengguna media sosial di Indonesia meningkat sebanyak 10 juta (+6,3%) dari tahun sebelumnya.

Dari berbagai jenis platform media sosial yang ada, Instagram merupakan salah satu media sosial yang memiliki banyak pengguna. Dilansir dari DataReportal, total pengguna Instagram di Indonesia mencapai 99,15 juta orang atau setara 35,7% dari total populasi. Dengan banyaknya pengguna di Instagram dan cepatnya proses penyampaian informasi melalui internet dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai pemasaran sebuah merek, produk, atau jasa. Bukan hanya itu, media sosial Instagram juga dimanfaatkan oleh para seniman, konten kreator, dan sastrawan sebagai media untuk berinteraksi, berekspresi, dan membagikan karya-karyanya.

Hal ini juga dilakukan oleh VINDES, gabungan dari dua nama selebriti yang saat ini sedang naik daun yaitu Vincent Rompies dan Desta Mahendra yang menjadi nama acara, media sosial, podcast dan banyak lainnya. Hingga kini, pengikutnya sudah mencapai 1.1 juta followers. Akun Instagram VINDES memiliki konten tentang berbagai aktivitas olahraga, musik, podcast informasi lainnya mengenai entertainment. pada aktivitas olahraga, VINDES selalu membuat poster yang menarik dan unik dengan bentuk visual yang khas dalam setiap unggahan di Instagramnya. VINDES menggunakan Instagram sebagai media untuk berinteraksi dan berekspresi dengan menggunakan elemen visual pada setiap kontennya, mulai dari warna, huruf (tipografi), ilustrasi, dan tata letak (layout). VINDES dipilih karena selalu membuat poster dengan copywritting yang selalu menarik banyak orang terutama Gen-Z.

Pada post Instagram, hal yang menjadi fokus utama user saat pertama kali adalah gambar yang ada dalam post Instagram dibandingkan dengan membaca caption gambar (Sari and Lidia, 2019). Konten Instagram sebagai salah satu bagian dari desain komunikasi visual memiliki elemen- elemen visual yang dapat menjelaskan isi pesan ke audiens. Seperti yang dikemukakan oleh Adi Kusrianto (2007), Desain Komunikasi Visual adalah suatu disiplin ilmu yang bertujuan mempelajari konsep-konsep komunikasi serta ungkapan kreatif melalui berbagai media untuk menyampaikan pesan dan gagasan secara visual dengan mengelola elemen-elemen grafis yang berupa bentuk dan gambar, tatanan huruf, serta komposisi warna serta layout (tata letak atau perwajahan). Konten visual yang baik adalah konten yang dapat mengkomunikasikan suatu pesan dalam bentuk visual dengan baik, benar, dan menarik kepada audiens. Untuk itu dalam pembuatan konten Instagram diperlukan strategi kreatif, informatif, dan komunikatif yang diwujudkan ke dalam bahasa verbal dan visual yang mengacu pada prinsip-prinsip desain. Pemanfaatan elemen visual dalam konten Instagram dapat membangun citra dalam benak audiens. Pesan visual pada konten Instagram haruslah jelas, dapat dimengerti, dan tentu saja menarik perhatian untuk bisa diingat.

Tentu banyak faktor yang mempengaruhi daya tarik audiens terhadap konten Instagram. Dengan banyaknya seniman dan konten kreator yang sejenis yang melakukan promosi di Instagram, faktor-faktor ini perlu diperhitungkan untuk meningkatkan perhatian audiens. Tidak terlepas juga dengan desain visual suatu konten Instagram.

Berdasarkan latar belakang diatas, peneliti akan mengkaji lebih dalam untuk mengetahui bagaimana pengaruh elemen visual yang digunakan dalam konten Instagram Rintik Sedu dalam meraih engagement audiensnya. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi informasi tambahan bagi para seniman atau konten kreator sejenis untuk dapat lebih memperhatikan elemen visual dalam konten-kontennya. Pada penelitian ini, elemen visual yang meliputi warna, huruf, ilustrasi, dan layout pada konten Instagram VINDES akan dianalisis untuk mengetahui perannya dalam membangun engagement audiens. Dari uraian yang telah dijabarkan, maka peneliti mengambil hipotesis yaitu, elemen visual pada konten Instagram VINDES memiliki pengaruh positif dalam membangun engagement audiens.

  1. Hasil dan Pembahasan

Poster diatas merupakan poster pertandingan olahraga bulutangkis dengan judul acara “Tepuk Bulu’23” yang mempertandingkan artis Indonesia yaitu Duta Modjo dan Vincent Rompies melawan artis Malaysia yaitu Fazley Yaakob dan Imran Aqil. Penulis akan membahas mengenai elemen yang digunakan dan mampu menarik banyak minat penonton terutama penonton Gen-Z dan banyak.

Tipografi

Dari sampel poster Tepok Bulu diatas, bisa dilihat bahwa konten tersebut konsisten menggunakan jenis huruf Sans Serif. Walau jenis font yang digunakan berbeda, namun masih berasal dari satu famili font yang sama.

membangkitkan ketenangan dan tempat mengumpulkan daya-daya baru, identik dengan pertumbuhan lingkungan, pasukan perdamaian, kepuasan.

Ilustrasi

Fotografi yang digunakan pada poster Tepok Bulu’23 sudah sangat cocok dan menarik. penggunaan latar bekakang stadium bulutangkis yang hanya menampilkan atap stadium tersebut masih kurang memperlihatkan elemen bulutangkis yang menjadi objek utama pada acara tersebut.

Penggunakan ilustrasi burung garuda yang sedang melawan harimau sudah sangat tepat karena merupakan gambaran dari negara Indonesia dan Malaysia yang akan bertarung dalam pertandingan bulutangkis.

Layout

Tata letak dalam desain dari poster Tepok Bulu  ini terlihat sangat proporsional. Jumlah grid dalam layout yang digunakan sudah sangat proporsional, dan ada konten yang isinya hasil jepretan dari kamera. Sehingga penerapan elemen desain untuk konten tersebut sangat unik dan menarik sehingga audience memiliki rasa penasaran yang tinggi 

Warna

Warna untuk konten ini lebih sering menggunakan warna cerah. Warna cerah sendiri memiliki makna kegirangan, hasrat, keceriaan, energi. Warna yang digunakan sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan, bahwa hidup yang berdampingan dengan olahraga membuat kehidupan kita semakin bahagia dan sehat baik secara jasmani hingga rohani.

  1. SIMPULAN 

Desain konten visual poster instagram VINDES “Tepok Bulu’23”sudah menerapkan komunikasi visual yang sangat baik. penggunakan warna yang unik, tata letak font yang cukup menarik visualisi yang menarik perhatian sudah sangat tepat. 

Pada visual poster instagram VINDES “Tepok Bulu’23” Pesan yang digambarkan tersampaikan dengan baik melalui warna yang menarik perhatian. warna dan tata font yang unik menarik rasa penasaran bagi yang melihat sehingga audiens akan membaca pesan apa yang ingin disampaikan dalam poster tersebut.

  1. DAFTAR PUSTAKA

Adi, Kusrianto. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset.

Taprial, Varinder dan Priya Kanwar. (2012). Understanding Social Media. Varinder Taprial, Priya Kanwar & Ventus Publishing.

Sari, Hasrini, and Anggraeni, Lidia. 2019. “Peran Tipe Gambar, Tagar, Jumlah Likes Dan Informasi Harga Pada Instagram Terhadap Intensi Membeli.”

This work is licensed under a CC-BY-NC G:\1. Jurnal\b. DESAIN\VISUAL DESAIN\640px-Cc-by-nc-us.svg.png

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proses Penulisan Artikel Ilmiah Tahap1

Laporan Perjalanan Menuju Pameran Kebudayaan Nasional , Filsafat Seni